Skip to main content

Hubungi : 085771752970 Jasa Pembasmi Tikus di Semarang

Hubungi : 085771752970 Jasa Pembasmi Tikus di Semarang, Jasa Pembasmi Hama, Jasa Pembasmi Rayap, Jasa Anti Rayap Jasa Pembasmi Sarang Tawon Vespa Affilis, Jasa Pembasmi Kutu Kucing, Jasa Pembasmi Kecoa, Jasa Fogging Nyamuk dan Jasa Pembasmi Hama lainnya.

Kami juga hadir di Kota Bandung, Bekasi, Semarang, Solo, Batam, Denpasar Bali, Jogja dan diberbagai kota besar lainnya, perlu pelayanan pengendali hama Proffesional..? Hubungi kami segera Garda Pest Control.

Hubungi : 085771752970 Jasa Pembasmi Tikus di Semarang

Tikus ditemukan hampir diseluruh belahan dunia, meskipun banyak subfamili hanya bisa ditemukan di daerah tertentu. Tikus tidak ditemukan di Antartika atau pada banyak pulau yang terletak di tengah samudera. Meskipun tidak satupun dari mereka berasal dari Amerika, beberapa spesies, terutama tikus rumah dan tikus hitam, telah tersebar ke seluruh dunia. Tikus menempati berbagai ekosistem dari hutan tropis hingga tundra. Terdapat pula spesies yang hidup sepenuhnya di dalam tanah (fossorial), di atas pepohonan (arboreal), dan semiakuatik, tetapi sebagian besar merupakan hewan terestrial.

Berbagai kebiasaan makan ditemukan pada tikus, mulai dari spesies herbivora dan omnivora hingga spesies yang hanya mengkonsumsi cacing tanah, spesies jamur, atau serangga air tertentu. Kebanyakan genera mengkonsumsi bahan tumbuhan dan invertebrata kecil, tikus yang hidup di daerah subtropis sering menyimpan benih dan bahan tanaman lainnya untuk konsumsi musim dingin. Tikus memiliki mulut yang mengandung sciurognathous dan diastema. Tikus tidak memiliki gigi taring dan gigi premolar. Tikus biasanya memiliki tiga geraham (meski terkadang ditemukan pula yang hanya memiliki satu atau dua geraham), dan sifat geraham bervariasi menurut genus dan kebiasaan makan.

Beberapa spesies tikus merupakan hewan yang sangat sosial, namun ada pula yang soliter. Betina biasanya beranak beberapa kali setiap tahunnya. Di daerah yang hangat, perkawinan mungkin terjadi sepanjang tahun. Meskipun rata-rata usia hidup dari kebanyakan genera pada umumnya kurang dari dua tahun, tikus memiliki potensi reproduksi tinggi dan populasinya cenderung meningkat dengan cepat dan kemudian menurun secara drastis ketika sumber makanan telah habis. Ini sering terlihat dalam siklus tiga sampai empat tahun.

Mari kita lihat efek negatif apa saja yang bisa ditimbulkan oleh tikus terhadap kehidupan manusia :

1. Menimbulkan Kerusakan

Karena tikus adalah hewan pengerat maka tikus akan menggigiti barang-barang yang ada di rumah kita serta membuat lubang-lubang untuk jalan akses keluar masuk tikus. Selain itu tanaman-tanaman yang ditanam manusia bisa dirusak tikus.

2. Mengotori Rumah

Tikus buang air besar dan buang air kecil sembarangan di dalam maupun di luar rumah kita sehingga menimbulkan pemandangan dan bau yang tidak sedap. Mau tidak mau kita harus membersihkannya sudah tentu dengan rasa jijik.

3. Makan Minum dan Mengacak-Acak Makanan Minuman Manusia

Apabila makanan dan minuman kita tidak ditutup rapat dengan benar, maka tikus bisa masuk dan ikut berpesta pora terhadap makanan kita. Jika sudah begitu maka kita pun akan merasa jijik untuk makan makanan yang sudah dicicipi dan diacak-acak oleh hewan tikus yang tidak bertanggungjawab.

4. Menimbulkan Penyakit

Tikus bisa menjadi medium penyebaran penyakit berbahaya seperti pes dan leptospirosis (kencing tikus). Jika mendengar penyakit yang berbahaya tersebut, maka rasanya ingin segera memberantas tikus-tikus yang ada di sekitar kita agar terhindar dari resiko terkena penyakit yang berbahaya.

5. Menimbulkan Polusi

Tikus yang mengeluarkan suara mencicit-cicit serta menimbulkan suara gaduh cukup mengganggu ketenangan di telinga kita. Tikus yang mati dan menjadi bangkai di tempat yang tidak terlihat mata kita juga bisa menjadi teror yang cantik bagi seluruh penghuni seisi rumah dengan polusi udara tingkat tinggi.

6. Membuat Orang-Orang Takut dan Panik

Tikus yang lenggang kangkung lewat ke sana ke mari di sekitar kita juga bisa membuat panik terhadap orang-orang yang phobia terhadap tikus. Entah kenapa orang bisa takut pada tikus dan bisa menjerit-jerit dan panik setengah mati jika melihat tikus. Yang pasti hal tersebut sangat tidak menyenangkan bagi orang-orang normal yang tidak takut kepada tikus jika melihat orang lain panik melihat tikus.

7. Bisa Melukai Manusia

Masih ingatkah dengan pesan orangtua untuk cuci tangan dan cuci kaki sebelum tidur agar tikus enggan menyantap tangan dan kaki kita yang bebau makanan yang disukai para tikus. Gigi tikus yang sangat tajam memang bisa saja melukai kita. Oleh karena itu kita harus terus waspada dan berhati-hati terhadap berbagai acaman yang ditimbulkan oleh tikus yang kurang ajar.

8. Memangsa Hewan Peliharaan

Bukan sesuatu yang tidak mungkin tikus akan menyerang hewan-hewan peliharaan kesayangan kita jika sedang lapar. Hewan seperti burung, ayam, bebek, kelinci, dan lain sebagainya bisa saja mati dimangsa tikus yang kelaparan. Makanan binatang peliharaan kita pun juga kadang menjadi santapan tikus-tikus yang lapar.

9. Merusak Pemandangan

Apa enaknya melihat penampilan tikus yang lusuh, dekil, kotor, kucel, pitak dan menjijikkan? Dengan membayangkan kelakuan tikus kepada kita saja sudah menibulkan rasa kesal yang amat sangat, apalagi melihat penampakan tikus-tikus yang berlalu-lalang tanpa merasa bersalah di depan kita dengan mata kepala kita sendiri.

10. Menimbulkan Wabah Kelaparan

Tikus dalam jumlah besar bisa merusak sawah, ladang dan kebun yang sedang ditanami beraneka bahan makanan manusia seperti padi, jagung, buah dan sayur. Tikus pun juga bisa menyerang dan menghabiskan persediaan makanan di dalam lumbung dan gudang bahan pangan sehingga serangan hama tikus tidak boleh disepelekan dan harus ditindak jauh-jauh sebelum terjadi bencana.

Di Indonesia, kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tikus. Tikus adalah salah satu hewan (hama) yang cukup dibenci karena sering kali merusak berbagai peralatan rumah tangga, mengambil makanan, sampai menyebabkan penyakit.

Penyakit lewat tikus ini bahkan bahaya risikonya bisa sampai mengancam jiwa. Apa saja penyakit dari tikus yang bisa menular ke manusia? Berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh hellosehat.com, berikut ini adalah lima di antaranya :

1. Hantavirus Pulmobary Syndrome (HPS)
HPS pertama kali ditemukan pada tahun 1993, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Penyakit ini disebarkan oleh jenis tikus rusa, tikus berkaki putih, tikus padi, dan tikus kapas.

Penyakit dari tikus ini menular ketika kamu menghirup partikel dari urin, kotoran atau air liur tikus yang ada di udara. Kamu juga bisa terinfeksi jika menyentuh/memakan sesuatu yang pernah terkena tikus. Bila kamu digigit tikus, itu juga bisa menjadi salah satu cara penularan virusnya. Meskipun kasus digigit tikus jarang terjadi.

Gejala awal HPS sangat mirip dengan gejala flu. Ini bisa termasuk demam, sakit kepala, muntah, diare atau sakit perut. Sekitar 4-10 hari kemudian, orang yang terkena mungkin juga bisa mengalami batuk, sesak napas dan penumpukan cairan di paru-paru.

2.Hemorrhagic fever with renal syndrome(HFRS)
Sama seperti hantavirus, HFRS adalah demam yang muncul bersamaan dengan perdarahan (hemoragik) dan disertai sindrom ginjal (HFRS). HFRS termasuk penyakit seperti demam berdarah, demam berdarah epidemik dan epidemi nephropathia. Penyebaran penyakit lewat tikus ini serupa dengan penyakit hantavirus.

Penyakit ini biasanya berkembang di dalam tubuh mulai dari 2-8 minggu setelah terkena. Gejala awal bisa ditandai dengan sakit kepala berkelanjutan, nyeri punggung dan perut, demam, menggigil, mual dan penglihatan kabur.

Terkadang, penyakit ini juga bisa ditandai dengan wajah, mata dan kulit yang berwarna agak kemerahan. Gejala parah juga bisa muncul ketika seseorang mengalami penyakit ini, yaitu: tekanan darah rendah, syok akut, sampai gagal ginjal akut.

3. Penyakit pes oleh bakteri Yersina Pestisia yang ditularkan hewan pengerat
Umumnya penyakit pes tersebar di daerah yang lingkungan padat penduduk dengan sanitasi yang buruk. Komplikasi penyakit dari tikus ini bisa berujung pada meningitis dan bahkan kematian. Perlu diketahui, bahwa penyakit ini bukan saja hanya disebarkan lewat tikus.

Hewan seperti kelinci, anjing, kucing yang kutunya sudah terinfeksi pes bisa menjadi sumber penularan penyakit ini. Penularan terjadi jika kamu berkontak langsung atau tergigit oleh hewan yang telah terinfeksi tersebut.

4.Lymphocytic chorio-meningitis (LCM)
LCM adalah penyakit dari tikus yang disebabkan oleh virus choriomeningitis limfositik (LCMV), turunan virus Arenaviridae. LCM dapat dibawa oleh tikus yang biasanya ada di rumah-rumah. 

Selain itu, virus ini juga bisa disebarkan oleh hewan peliharaan pengerat seperti hamster. Jika kamu tergigit atau terkena air liur dan air kencing hewan tersebut, maka kamu berisiko tinggi mengalami penyakit infeksi ini.

Penyakit ini awalnya tidak akan menimbulkan gejala tertentu. Gejala baru timbul setelah 8-13 hari setelah teserang virus. kamu akan merasakan berbagai macam gejala, seperti: demam, kurang nafsu makan, nyeri otot, sakit kepala, mual, dan muntah. Gejala lain yang muncul bisa termasuk sakit tenggorokan, batuk, nyeri sendi, nyeri dada, nyeri testis dan nyeri parotid (kelenjar ludah).

5. Rat bite fever(RBF)
RBF adalah penyakit yang disebabkan karena gigitan tikus. Gigitan tersebut dapat mengakibatkan infeksi oleh bakteri Spirillum minus atau Streptobacillus moniliformis.

Penyakit ini cukup banyak terjadi di wilayah Asia dan Amerika utara.

Penyakit lewat tikus ini juga bisa ditularkan lewat makanan dan minuman yang sudah dimakan atau terkena air liur tikus. Jika tidak diobati, RBF bisa menjadi penyakit yang serius atau bahkan fatal.

Itulah lima penyakit yang bisa ditularkan dari tikus kepada manusia. Benar-benar pastikan bahwa lingkunganmu bersih. Pastikan juga bahwa saluran pembuangan airmu cukup terisolasi agar tikus tidak gampang keluar masuk ke tempat tinggal. gunakan jasa pengendalian hama tikus yang profesional atau Perusahaan Pest Control.

Comments

Popular posts from this blog

5 Kafe & Bakery Halal di Area Bugis Singapura

Fluff Bakery, Muslim Owned Beberapa tahun belakangan ini banyak muncul kafe dan bakery trendi di Singapura yang dikelola oleh anak-anak muda. Kabar gembira buat kita semua, banyak yang pemiliknya muslim. Jadi meskipun belum memiliki sertifikat halal, bahan-bahan makanan yang mereka gunakan halal semua. Beberapa kafe halal nan trendi tersebut terkonsentrasi di area Bugis, atau sering juga disebut sebagai Arab Quarter atau Kampong Glam. Area Bugis, di antara stasiun MRT Bugis dan MRT Lavender, memang pilihan utama sebagai base camp untuk traveler muslim. Di sini gampang dijumpai restoran, kafe, dan bakery halal. Dua pilihan restoran halal untuk makan besar (makan nasi) adalah Zam-Zam dan Hjh Maimunah . Zam-Zam lokasinya di 679 North Bridge Rd, persis di seberang Masjid Sultan. Resto ini menyajikan masakan India. Coba deh murtabak-nya yang terkenal enak banget. Sementara restoran Hjh Maimunah adalah salah satu restoran halal yang mendapat Michelin Star (peringkat untuk restoran yang bagu

Call : 085813134112 Jasa Fogging Nyamuk di Jatiasih Bekasi

Call : 085813134112 Jasa Fogging Nyamuk di Jatiasih Bekasi , Jasa Pembasmi Kecoa di Medan Satria Bekasi, Jasa Pembasmi Cicak di Mustika Jaya Bekasi, Jasa Pembasmi Tawon di Pondok Melati Bekasi, Jasa Pembasmi Tomcat di Rawalumbu Bekasi, Jatisampurna Bekasi, Pondok Gede Bekasi. Garda Pest Control juga hadir diberbagai Kota lainnya seperti Jasa Fogging Nyamuk di Bali, Jasa Pembasmi Tawon di Cirebon, Jasa Pembasmi Kutu Kucing di Kemang, Jasa Pembasmi Tikus di Bogor, Jasa Pembasmi Kutu Anjing di Bandung, Jakarta Barat, Tangerang Selatan, Makassar, Palembang, Surabaya, Solo dll. Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang diketahui memiliki empat serotipe virus dengue, di antaranya DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Di Indonesia sendiri, virus ini ditularkan oleh dua jenis nyamuk demam berdarah betina, yaitu Aedes aegypti sebagai vektor utama dan Aedes albopictus sebagai vektor sekunder. Jenis nyamuk demam berdarah ini memiliki sifat anthropofilik, artinya

Tip Belanja Belanji di Sydney

Window display di QVB Setahun sekali di Sydney, ada hari khusus untuk berbelanja gila-gilaan, ketika SEMUA toko menawarkan diskon. Mereka menyebutnya Boxing Day . Saya menyebutnya Hari Raya Berbelanja :) Boxing Day dirayakan setiap tanggal 26 Desember, satu hari setelah Natal. Tadinya saya pikir Boxing Day ini berkaitan dengan 'tinju', tapi tinju yang bagaimana? Ternyata bukaaan. Pada awalnya, Boxing Day ini diramaikan dengan memberikan hadiah (natal) untuk orang-orang miskin, yang dikemas dalam kotak (box). Tapi maknanya kemudian bergeser menjadi hari belanja untuk menghabiskan uang lebaran atau angpao :) Biasanya, sebelum datang tanggal ini, orang-orang sudah mengincar apa yang ingin mereka beli pada Boxing Day. Katalog SALE bisa dilihat di internet, website masing-masing toko atau di Lasoo . Pasukan belanja sampai mati ini biasanya mengincar merk-merk terkenal, gaun-gaun disainer yang hanya memberi diskon setahun sekali pada hari tersebut. Nggak heran kalau mereka sampai bel